BERITA HARI INI

Rabu, 11 April 2012

Teknologi Terbaru : Pasca Gempa, Telkomsel Pantau 12.800 BTS

/ On : 21.36.

Teknologi Terbaru - Gempa besar dengan kekuatan 8,5 skala richter mengguncang wilayah Sumatera, kemarin. Meski gempa tidak menyebabkan kerusakan infrastrukturnya, Telkomsel terus memantau infrastruktur milik mereka di Sumatera.

"Telkomsel masih terus memantau infrastruktur telekomunikasi yang ada di Sumatera, sebanyak 12.800 BTS (Base Transceiver Station). Di mana 4.500 BTS di antaranya beroperasi di Sumatera bagian Utara," kata Head of Corporate Communications Division Telkomsel, Ricardo Indra, dalam keterangan tertulis yang diterima Teknologi Terbaru, Kamis, 12 April 2012.

Selain itu, Indra menjelaskan Telkomsel menambah kapasitas jaringan komunikasi di wilayah-wilayah bencana. "Agar cakupan layanan tetap berfungsi dengan baik," ucap Indra.

Telkomsel juga berupaya memaksimalkan ketersediaan akses jaringan komunikasi di daerah bencana. Dengan demikian, sarana serta prasarana telekomunikasi seluler yang ada di daerah terseb ut bisa dalam kondisi optimal.

Tak lama setelah terjadi gempa kemarin, Telkomsel mengakui terjadi peningkatan trafik, sehingga komunikasi melalui telepon sulit dilakukan pelanggan Telkomsel. "Meningkatnya trafik hingga hampir 100 persen dari kondisi normal. Meskipun demikian komunikasi dari dan ke wilayah bencana dapat terus berlangsung," tutur Indra.

Tak hanya itu, Telkomsel juga mengatakan sejumlah BTS terhenti suplai listriknya dan hidup dengan catu daya cadangan/baterai.

Hal ini pun diakui salah satu pelanggan Telkomsel, Fazliani Maulida, yang mengatakan sulit melakukan komunikasi melalui telepon. Namun, Fazliani mengaku tetap bisa menggunakan jaringan data. "BBM (BlackBerry Messenger) lancar," ucap Fazliani. (umi)






• Teknologi Terbaru   |   Share :  







0 komentar:

Posting Komentar