BERITA HARI INI

Senin, 12 September 2011

Berita Terkini : Banjir di India Tewaskan 16 Orang

/ On : 10.08.

Foto : Banjir di India (AP)
Foto : Banjir di India (AP)



NEW DELHI - Jutaan warga kehilangan tempat tinggalnya dan 16 orang tewas dalam banjir bandang di negara bagian Orissa, India.

Hujan deras menghantam sekira 2.600 desa yang berada di 19 distrik di Orissa. Hujan deras tersebut akhirnya memicu banjir. Beberapa sungai termasuk di antaranya Sungai Mahanadi meluap dan airnya membanjiri jalanan di kota. Sebanyak 61 ribu warga akhirnya dievakuai.

"Kapal Angkatan Laut dari Kota Vishakhapatnam dan helikopter melakukan operasi gabungan untuk mengirimkan bantuan-bantuan," ujar Komisaris Bantuan Khusus Mohapatra, seperti dikutip BBC, Senin (12/9/2011).

Helikopter mengangkut bahan pangan dan hampir sebanyak 1.400 kapal membawa bantuan lainnya untuk para korban bencana banjir tersebut.

Para pejabat di India berharap situasi di negaranya akan segera membaik setelah hujan deras ini berakhir dan tingkat ketinggian air di Sungai Mahanadai mulai menurun. Akibat listr ik padam, warga India juga tidak dapat memasak selama dua hari dan mereka sangat mengandalkan bantuan tersebut.

Sementara itu di Pakistan, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sudah turun tangan dalam mengatasi banjir yang melanda bagian selatan negara tersebut.

Lebih dari 130 orang dikabarkan sudah tewas dalam banjir di Provinsi Sindh, Pakistan. Badan PBB untuk urusan anak-anak (UNICEF) menyatkaan, sekira 2,5 juta anak-anak di Pakistan menjadi korban banjir.

Saat ini, Pakistan juga masih memulihkan diri akibat bencana banjir tahun lalu. Bantuan akan sangat dibutuhkan oleh Pakistan sebelum situasi menjadi semakin buruk.(rhs)
~ Berita Terkini

0 komentar:

Posting Komentar